Sunday, February 17, 2008

Sinopsis Pulang, Toha Mochtar

Pulang
(sinopsis novel Taha Mochtar)
Adalah seorang pemuda pribumi yang menjadi tentara Heiho, yang memerangi bangsanya sendiri. Nama pemuda itu Tamim. Tujuh tahun lamanya Tamim menjadi Heiho dan tingal di Jepang. Kisah dimulai ketika si tokoh utama Tamim berkeinginan pulang kembali ke Indonesia. Tamim sangat rindu dengan keluarga dan kampung halamannya.

Selama ini, orang-orang di kampung halamannya menganggap Tamin sebagai pahlawan gerilya yang telah berjuang membela bangsa dan negaranya dari penjajah. Itulah sebabnya, ketika Tamin datang, orang-orang sekampung mengelu-elukannya. Padahal kenyataannya Tamim adalah seorang pengkhianat. Tamim seorang tentara penjajah yang melawan bangsanya sendiri. Inilah yang menggelisahkan hati Tamim. Bahkan, orang tuanya sendiri tidak tahu bahwa dirinya adalah tentara Heiho.

Melihat kenyataan ini, Tamim terpaksa berbohong ketika dia disuruh menceritakan pengalamannya bertempur selama tujuh tahun. Ia mengarang cerita bagaimana perjuangannya bergerilya di hutan-hutan di Jawa Barat dan bertempur melawan penjajah Belanda. Betapa cerita bohong ini menggelisahkan dan menyiksa perasaan Tamim. Lebih-lebih ketika dirinya diminta menyanyikan lagu-lagu perjuangan.

Karena tidak kuat mengingkari hati nuraninya, Tamim diam-diam pergi meninggalkan desanya. Ia mengembara. Dalam pengembaraannya pun Tamim merasa tersiksa. Ia khawatir jika ada orang yang membocorkan keadaan dirinya yang sebenarnya kepada orang-orang di kampung halamannya.

Suatu hari, Tamim bertemu dengan pak Banji, seorang tetangga di kampung halamannya. Dari cerita pak Banji, tahulah Tamim bahwa ayahnya sudah meninggal. Pak Banji juga mengabarkan bahwa orang-orang sekampungnya mengharapkan Tamim pulang. Mereka sangat ingin mendengarkan kisah perjuangan Tamim ketika melawan penjajah.

Mendengar cerita pak Banji, di satu sisi Tamim senang, karena orang-orang sekampung tetap tidak mengetahui jati dirinya yang sebenarnya. Tetapi di sisi lain, ia merasa sangat sedih karena ayahnya sudah meninggal dunia. Karena dua perasaan yang bercampur aduk itulah Tamim memutuskan untuk pulang ke kampung halamannya. Ia sudah bertekat untuk membangun kampung halamannya sebagai wujud penyesalannya karena telah melawan bangsanya sendiri.

Dalam hati kecil ia berkeyakinan bahwa dirinya tidak sepenuhnya bersalah ketika menjadi tentara Heiho. Ia sangat terpengaruh oleh propaganda Jepang dan Sekutunya. Dan tekatnya untuk membangun kampungnya adalah manifestasi dari rasa cinta tanah airnya.***


Catatan:

Novel karya Toha Mochtar ini diterbitkan tahun 1958. Dalam novel ini jelas terlihat bagaimana perasaan bersalah seorang pemuda pribumi yang menjadi tentara Heiho. Novel yang mengambil setting tempat di Surabaya ini mendapat hadiah sastra nasional BMKN tahun 1957.


Download sinopsis ini? Klik di sini

6 comments:

Tk untuk sinopsisnya. Ada nggak sinopsis novel toha mochtar yang lain? Ditunggu lho!

makasih ya! ngebantu tgs gua nih

Toha Mochtar adalah salah satu novelis favorit saya. PULANG sangat romantis. Toha M bisa menjelaskan keadaan alam secara detail dengan bahasa yg puitis. Bahasanya tidak bertele-tele. Ceritanya sederhana tp rangkaiannya menarik. Toha Mochtar & Naguib Mahfouz...dua obat yg manjur. Sayang karya2 Toha Mochtar tidak begitu banyak.

Toha Mochtar adalah salah satu novelis favorit saya. PULANG sangat romantis. Toha M bisa menjelaskan keadaan alam secara detail dengan bahasa yg puitis. Bahasanya tidak bertele-tele. Ceritanya sederhana tp rangkaiannya menarik. Toha Mochtar & Naguib Mahfouz...dua obat yg manjur. Sayang karya2 Toha Mochtar tidak begitu banyak.

Post a Comment

Ronggeng Dukuh Paruk (Ahmad Tohari) - Lintang Kemukus Dini Hari (Ahmad Tohari) - Jentera Bianglala (Ahmad Tohari) - Kubah (Ahmad Tohari) - Di Kaki Bukit Cibalak (Ahmad Tohari) - Bekisar Merah (Ahmad Tohari) - Siti Nurbaya (Marah Rusli) - Di Bawah Lindungan Kabah (Hamka) - Azab dan Sengsara (Merari Siregar) - Harimau-Harimau (Mochtar Lubis) - Supernova (akar - Dee) - Supernova (petir - Dee) - - Sengsara Membawa Nikmat (Tulis Sutan Sati) - Mantra Penjinak Ular (Kuntowijoyo) - Mangir (Pramoedya Ananta Toer) - Arok-Dedes (Pramoedya Ananta Toer) - Perburuan (Pramoedya Ananta Toer) - Kasih Tak Terlerai (Suman Hs) - Gadis Pantai (Pramoedya Ananta Toer) - Atheis (Achdiat Kartamiharja)


goesprih.blogspot.com Overview

goesprih.blogspot.com has 1.444.907 traffic rank in world by alexa. goesprih.blogspot.com is getting 761 pageviews per day and making USD 3.70 daily. goesprih.blogspot.com has 210 backlinks according to yahoo and currently not listed in Dmoz directory. goesprih.blogspot.com is hosted in United States at Google data center. goesprih.blogspot.com is most populer in INDONESIA. Estimeted worth of goesprih.blogspot.com is USD 2701 according to websiteoutlook