Friday, July 18, 2008

Senja di Jakarta

Senja di Jakarta


Cerita ini melukiskan kehidupan yang dinamis, pelaku yang banyak bersifat anarkis dan menggunakan berbagai variasi alur cerita yang imajinatif.

Suryono seorang pegawai Kemeterian Luar Negeri baru kembali dari melaksanakan tugas di New York. Ia merasa tidak puas terhadap keadaan di tanah air terutama di Jakarta.

Raden Kaslan, ayah Suryono, seorang direktur PT Bumi Ayu, juga menjabat sebagai anggota dewan pimpinan partai Indonesia.Istrinya, Fafma, yang dinikahinya ketika Suryono di luar negeri masih sangat muda. Namun demikian ia masih gemar berkencan dengan wanita-wanita lain. Sifat ini pun menurun kepada Suryono.

Amara Suryono dan Fatma terjalin hubungan di luar batas kesusilaan. Dengan Dahlia, Suryono pun menjalin hubungan seperti yang terjadi dengan Fatma, walaupun Dahlia sudah bersuami.

Yes adalah teman Suryono dalam kelompok diskusi. Sebenarnya Yes-lah yang menjadi idaman Suryono. Tetapi ia menolak karena pribadi Suryono yang tidak disukainya.

Sugeng mulanya pegawai Kementerian Perekonomian yang jujur. Setelah mendapat kenaikan pangkat, mulailah ia menyalahgunakan wewenang demi keinginan istrinya, Hasnah, yang mendesak untuk memiliki rumah sendiri sebelum melahirkan anaknya yang kedua.

Menjelang pemilihan umum dewan pimpinan partai sibuk meluaskan pengaruh. Untuk keperluan kampanye dibutuhkan biaya yang besar. Husin Limbara (ketua partai) dan R. Kaslan merencanakan pemalsuan dan penjualan lisensi impor dan pendirian perusahaan. Lisensi dijual melebihi harga yang sebenarnya. Perusahaan-perusahaan hanya namanya yang ada beserta direkturnya yang terdiri dari para anggota dewan pimpinan partai dan beberapa anggota keluarga mereka termasuk Suryono dan Fatna. Kaslan selain mencari keunrungan bagi panainya, juga untuk keuntungan pribadinya. Sugeng mendapat tugas untuk memberi izin penjualan lisensi dan pendirian perusahaan. Itu dilakukannya karena mendapat imbalan jasa dan perlindungan dari partai.

Dalam kelompok diskusi Suryono terjadi perdebatan seru mengenai keadaan Indonesia. Achmad tokoh kaum buruh menghendaki agar kita mengikuti sistem komunis. Sedang Murhalim menginginkan agar kita mengtkuti hukum-hukum agama. Suiyono mendukung Achmad dan Yes mendukung Murhalim. Perdebatan diakhiri dengan pengunduran diri Achmad.

Usaha partai Indonesia mencari biaya mendapat sorotan tajam melalui surat-surat kabar. Karena itu Husin Limbara mencari dukungan dari salah satu surat kabar, yaitu yang dipimpin oleh Halim. Halim pura-pura mau, tapi sebenarnya ia mempunyai keinginan tersendiri.

Hati Hasnah kini was-was sebab Sugeng makin jarang tinggal di rumah meskipun mereka telah memUiki rumah baru. Kemesraan yang dikecap bersama Sugeng, anaknya Maryam tempo hari, kini tak pernah kunjung. Hasnah sadar dialah yang bersalah menyebabkan Sugeng tidak jujur. Akibat memikirkan hal-hal ini kesehatan Hasnah dan kandungannya menjadi rawan.

Kampanye pemilihan uroum mulai rataiai. Berbagai rapat raksasa berlangsung. Persaingan melalui surat-surat kabar makin gencar, membela partainya masing-masing.


Dewan pimpinan partai Indonesia menjadi gelisah karena pengkhianatan Halim. R. Kaslan bersiap-siap ke luar negeri. Fatma disuruhnya menyusul. Suryono gembira atas kepergian ayahnya karena akan dapat memiliki Fatma. Lebih-lebih setelah cintanya
ditolak Yes. Fatma pun merasa dirinya hebat karena dapat menguasai ayah (R. Kaslan) dan anak (Suryono).

Kabinet yang baru dibentuk ternyata tidak menyertakan wakil partai Indonesia. Pemerintah mulai mengadakan pembersihan wakil partai Indonesia. Pemerintah mulai mengadakan pembersihan,dalam dirinya, menindak para pegawai yang menyeleweng. Sugeng termasuk di antaranya selain cobaan atas meninggalnya bayi yang dikandung Hasnah. R. Kaslan diminta pulang ke tanah air. Suryono tewas bersama Fatma dalam kecelakaan perjalanan menuju Bandung. Mursalim tewas diserang para perusuh yang dihasut Achmad.

Teman-teman kelompok diskusi berjanji akan meneruskan perjuangan.

Mau download? Klik di sini
lihat novel lain? klik di sini

0 comments:

Post a Comment

Ronggeng Dukuh Paruk (Ahmad Tohari) - Lintang Kemukus Dini Hari (Ahmad Tohari) - Jentera Bianglala (Ahmad Tohari) - Kubah (Ahmad Tohari) - Di Kaki Bukit Cibalak (Ahmad Tohari) - Bekisar Merah (Ahmad Tohari) - Siti Nurbaya (Marah Rusli) - Di Bawah Lindungan Kabah (Hamka) - Azab dan Sengsara (Merari Siregar) - Harimau-Harimau (Mochtar Lubis) - Supernova (akar - Dee) - Supernova (petir - Dee) - - Sengsara Membawa Nikmat (Tulis Sutan Sati) - Mantra Penjinak Ular (Kuntowijoyo) - Mangir (Pramoedya Ananta Toer) - Arok-Dedes (Pramoedya Ananta Toer) - Perburuan (Pramoedya Ananta Toer) - Kasih Tak Terlerai (Suman Hs) - Gadis Pantai (Pramoedya Ananta Toer) - Atheis (Achdiat Kartamiharja)


goesprih.blogspot.com Overview

goesprih.blogspot.com has 1.444.907 traffic rank in world by alexa. goesprih.blogspot.com is getting 761 pageviews per day and making USD 3.70 daily. goesprih.blogspot.com has 210 backlinks according to yahoo and currently not listed in Dmoz directory. goesprih.blogspot.com is hosted in United States at Google data center. goesprih.blogspot.com is most populer in INDONESIA. Estimeted worth of goesprih.blogspot.com is USD 2701 according to websiteoutlook