Monday, October 06, 2008

Nyi Loro Kidul

Legenda: Nyi Loro Kidul



Dewi Kadita, putri Prabu Mundang Wangi, dengan permaisuri sangat cantik dan budi pekertinya. Karena sangat cantik dan menarik ia digelari Putri Sarangenge. Ia disayangi oleh semua pegawai istana.

Selir baginda bernama Putri Mutiara kemudian melahirkan seorang putra yang tidak berkeadaan seperti Dewi Kadita. Putri Mutiara sangat iri hati daomohon kepada baginda raja. Dewi Kadita diusir dari istana. Tentu saja permintaan ini ditolak raja.

Dengan bantuan perempuan hukuman (perempuan jahat), Putri Mutiara berhasil membuat kulit Dewi Kadita seperti kulit kadal. Karena malunya kedua beranak itu pergi meninggalkan istana.

Sebelum ibu Dewi Kadita meninggal ia sempat menceritakan mimpinya kepada pendeta tempat mereka menumpang, bahwa datang Putri Mutiara dengan seorang perempuan membawakannya pakaian-pakaian buruk. Atas mimpi itu tahulah pendeta apa yangsebenarnya yang telah terjadi atas Dewi Kadita dan ibunya.


Dengan kehendak Yang Kuasa perempuan yang jahat itu datang sendiri ke tempat pendeta dan di tengah perjalanan ia mati diterkam harimau di gunung Prabu.

Setelah dewasa Putri Sarangenge berjalan-jalan dan meminta-minta dari desa ke desa. Sampailah ia ke Laut Kidul. Terhiburlah hatinya mendengar debur ombak, sambil mendengar seruan: "Marilah Tuan Putri mandi dalam air yang jernih dan bersih ini. Tuan Putri akan sembuh dari penyakit. Lagi pula ada seorang raja muda yang menunggu Tuan Putri di sini.”

Mendengar itu terjunlah Dewi Kadita. Sesaat itu pula sembuh seluruh tubuhnya seperti sedia kala. Namun raja muda itu tak dapat ditemukannya. Karena itu ia murka dan membuat ombak pantai selatan (Jawa) selalu bergelora. Sejak itu sang putri disebut Nyi Loro Kidul.***

2 comments:

Post a Comment

Ronggeng Dukuh Paruk (Ahmad Tohari) - Lintang Kemukus Dini Hari (Ahmad Tohari) - Jentera Bianglala (Ahmad Tohari) - Kubah (Ahmad Tohari) - Di Kaki Bukit Cibalak (Ahmad Tohari) - Bekisar Merah (Ahmad Tohari) - Siti Nurbaya (Marah Rusli) - Di Bawah Lindungan Kabah (Hamka) - Azab dan Sengsara (Merari Siregar) - Harimau-Harimau (Mochtar Lubis) - Supernova (akar - Dee) - Supernova (petir - Dee) - - Sengsara Membawa Nikmat (Tulis Sutan Sati) - Mantra Penjinak Ular (Kuntowijoyo) - Mangir (Pramoedya Ananta Toer) - Arok-Dedes (Pramoedya Ananta Toer) - Perburuan (Pramoedya Ananta Toer) - Kasih Tak Terlerai (Suman Hs) - Gadis Pantai (Pramoedya Ananta Toer) - Atheis (Achdiat Kartamiharja)


goesprih.blogspot.com Overview

goesprih.blogspot.com has 1.444.907 traffic rank in world by alexa. goesprih.blogspot.com is getting 761 pageviews per day and making USD 3.70 daily. goesprih.blogspot.com has 210 backlinks according to yahoo and currently not listed in Dmoz directory. goesprih.blogspot.com is hosted in United States at Google data center. goesprih.blogspot.com is most populer in INDONESIA. Estimeted worth of goesprih.blogspot.com is USD 2701 according to websiteoutlook