Monday, May 04, 2009

Cerita Rakyat dari Sulawesi Utara

Sigarlaki dan Si Limbat



Dahulu kala, di daerah Tondano (Sulawesi Utara), hiduplah seorang pemburu yang sangat perkasa. Pemburu itu bernama Sigarlaki. Sigarlaki sangat terkenal karena ia ahli menggunakan senjata tombak. Setiap tombakannya tidak pernah meleset dan selalu mengenai binatang buruannya.

Pemburu Sigarlaki mempunyai seorang pelayan yang sangat setia. Pelayan itu bernama Limbat. Limbat adalah pelayan yang sangat tunduk pada setiap perintah Sigarlaki. Hampir semua pekerjaan yang diperintahkan tuannya selalu dikerjakannya dengan baik.

Suatu hari Sigarlaki pergi berburu. Tidak seperti biasanya, kali ini Sigarlaki pulang dengan tangan hampa. Tak satupun binatang buruan bias ia bawa pulang. Ia sangat kesal. Kekesalan Sigarlaki semakin menjadi-jadi ketika didengarnya laporan pelayannya yang menyatakan bahwa daging persediaan mereka di rumah sudah hilang dicuri orang.


Karena sangat kesal, tanpa berpikir panjang, si Sigarlaki justru menuduh pelayannya yang setia itu sebagai pencurinya. si Limbat sangat terkejut dengan tuduhan itu. Ia tidak menduga tuannya akan menuduh dan memarahi dirinya seperti itu.

Sigarlaki mencoba menenangkan diri dan miminta pelayannya, si Limbat untuk membuktikan bahwa ia bukan pencuri itu. Sigarlaki memerintahkan si Limbat untuk menyelam ke dalam sebuah kolam bersama-sama dengan lemparan tombak Sigarlaki. Bila tombak itu lebih dahulu keluar dari kolam berarti Si Limbat tidak mencuri. Tetapi bila si Limbat yang keluar dari kolam terlebih dahulu maka terbukti ia yang mencuri daging persediaan makan mereka.

Syarat yang aneh itu membuat si Limbat sangat ketakutan. Tetapi bagaimanapun juga ia berkehendak untuk membuktikan dirinya tidak bersalah. Segera ia menyelam bersamaan dengan Sigarlaki menancapkan tombaknya ke dalam kolam.

Baru saja tombak ditancapkan, tiba-tiba Sigarlaki melihat ada seekor babi hutan minum air di kolam itu. Dengan segera ia mengangkat tombaknya dan dilemparkannya ke arah babi hutan itu. Tetapi tombakan itu luput. Dengan demikian seharusnya si Sigarlaki sudah kalah oleh si Limbat. Tetapi ia meminta agar pembuktian itu diulang lagi.

Dengan berat hati si Limbat pun akhirnya mengikuti perintah tuannya. Baru saja menancapkan tombaknya di kolam, tiba-tiba kaki Sigarlaki digigit oleh seekor kepiting. Ia menjerit kesakitan dan tidak sengaja mengangkat tombaknya. Dengan demikian akhirnya si Limbat yang menang. Ia berhasil membuktikan dirinya bahwa ia tidak mencuri daging itu. Sedangkan Sigarlaki karena sembarangan menuduh pelayannya yang jujur terkena hukuman digigit kepiting besar. ***

Download? Klik di sini

1 comments:

ko cerita agak ngggak jelas ya !!?

Post a Comment

Ronggeng Dukuh Paruk (Ahmad Tohari) - Lintang Kemukus Dini Hari (Ahmad Tohari) - Jentera Bianglala (Ahmad Tohari) - Kubah (Ahmad Tohari) - Di Kaki Bukit Cibalak (Ahmad Tohari) - Bekisar Merah (Ahmad Tohari) - Siti Nurbaya (Marah Rusli) - Di Bawah Lindungan Kabah (Hamka) - Azab dan Sengsara (Merari Siregar) - Harimau-Harimau (Mochtar Lubis) - Supernova (akar - Dee) - Supernova (petir - Dee) - - Sengsara Membawa Nikmat (Tulis Sutan Sati) - Mantra Penjinak Ular (Kuntowijoyo) - Mangir (Pramoedya Ananta Toer) - Arok-Dedes (Pramoedya Ananta Toer) - Perburuan (Pramoedya Ananta Toer) - Kasih Tak Terlerai (Suman Hs) - Gadis Pantai (Pramoedya Ananta Toer) - Atheis (Achdiat Kartamiharja)


goesprih.blogspot.com Overview

goesprih.blogspot.com has 1.444.907 traffic rank in world by alexa. goesprih.blogspot.com is getting 761 pageviews per day and making USD 3.70 daily. goesprih.blogspot.com has 210 backlinks according to yahoo and currently not listed in Dmoz directory. goesprih.blogspot.com is hosted in United States at Google data center. goesprih.blogspot.com is most populer in INDONESIA. Estimeted worth of goesprih.blogspot.com is USD 2701 according to websiteoutlook