Tuesday, July 20, 2010

Si Dul Anak Jakarta: Roman Anak-Anak

Si Dul Anak Jakarta - Sinopsis
(Roman Anak-anak Karya Aman)


Si Dul (yang nama lengkapnya Dul Hamid) seorang anak yang baik. Ia hormat kepada orang tuanya. Senang bermain dengan teman sebayanya baik laki-laki maupun perempuan.
Ketika bermain jual-beli rujak dengan uang pecahan genting, Sapii mengganggu dan merusakkan dagangan (rujak) Asnah. Asnah menangis dibuatnya. Demi membela Asnah yang tidak bersalah Dul menampik tantangan Sapii. Walaupun Sapii berbadan lebih besar dan dibantu oleh Saari, namun Si Dul tidak kalah dalam perkelahian itu.

Esoknya ia dilarang ibunya keluar rumah. Dicarinya akal membuat panah-panahan dan mengadu semut. Datang ke rumahnya Asnah, Patmah dan 2 orang anak kecil. Mereka bermain sedekah-sedekahan (hajatan) dan Si Dul menjadi haji, memimpin doa selamatan. Ia kekenyangan karena sebagai haji memimpin doa ia leluasa menikmati kue dan buah-buahan yang dibawa Asnah dan Patmah untuk selamatan itu.

Pengalamannya mencarikan makanan kambing Wak Salim, kakeknya, sekaligus guru mengajinya, membuat ia berkelahi dengan Hamzah yang berbadan lebih besar, karena Hamzah, Mamat, dan Dadek berbuat curang kepadanya. Atas keberaniannya itu ia dipuji oleh ayahnya.

Nasib malang menimpa keluarga Si Dul, ayahnya meninggal dunia karena bus yang dikemudikannya menabrak pohon. Mereka jatuh miskin.

Untuk membantu ibunya (Mpok Amna) mencari nafkah Si Dul yang masih kecil berjualan nasi ulam (nasi uduk), masuk kampung ke luar kampung.

Karena semangat dan kemauannya menjajakan nasi ulam Si Dul berhasil dan cukup banyak tabungannya. Uang itu dapat digunakan membeli pakaian dan petasan untuk Hari Lebaran.

Pada Hari Lebaran Si Dul berpakaian lain dari teman-temannya. Dipakainya setelan (celana, baju), dasi dan topi pandu yang lebar pinggirnya. Sedang teman-temannya berpakaian kain sarung, baju dan berkopiah. Karena pakaian Si Dul yang lain dari teman-temannya, banyak temannya yang merasa aneh, asing, atau lucu. Bahkan kakeknya sendiri mengejek.

Hari yang dinanti-nanti Si Dul menjadi kenyataan. Si Dul girang dan gembira karena cita-citanya untuk sekolah tercapai. Ia disekolahkan ayah tirinya bersama-sama saudara tirinya, Mardjuki.

Masuk sekolah pada waktu itu masih merupakan hal yang asing bagi teman-teman di lingkungan tetangganya. Tapi Si Dul yang masih kecil telah menyadari Bahwa kemajuan hanya dapat dicapai melalui pendidikan.

Semua yang didapatkan Si Dul di sekolah diceritakan nya kepada ibunya, termasuk kebaikan ibu gurunya. Namanya pun di sekolah tidak lagi Si Dul, melainkan Abdul Hamid.***

Download sinopsis ini?
Silakan KLIK di sini

0 comments:

Post a Comment

Ronggeng Dukuh Paruk (Ahmad Tohari) - Lintang Kemukus Dini Hari (Ahmad Tohari) - Jentera Bianglala (Ahmad Tohari) - Kubah (Ahmad Tohari) - Di Kaki Bukit Cibalak (Ahmad Tohari) - Bekisar Merah (Ahmad Tohari) - Siti Nurbaya (Marah Rusli) - Di Bawah Lindungan Kabah (Hamka) - Azab dan Sengsara (Merari Siregar) - Harimau-Harimau (Mochtar Lubis) - Supernova (akar - Dee) - Supernova (petir - Dee) - - Sengsara Membawa Nikmat (Tulis Sutan Sati) - Mantra Penjinak Ular (Kuntowijoyo) - Mangir (Pramoedya Ananta Toer) - Arok-Dedes (Pramoedya Ananta Toer) - Perburuan (Pramoedya Ananta Toer) - Kasih Tak Terlerai (Suman Hs) - Gadis Pantai (Pramoedya Ananta Toer) - Atheis (Achdiat Kartamiharja)


goesprih.blogspot.com Overview

goesprih.blogspot.com has 1.444.907 traffic rank in world by alexa. goesprih.blogspot.com is getting 761 pageviews per day and making USD 3.70 daily. goesprih.blogspot.com has 210 backlinks according to yahoo and currently not listed in Dmoz directory. goesprih.blogspot.com is hosted in United States at Google data center. goesprih.blogspot.com is most populer in INDONESIA. Estimeted worth of goesprih.blogspot.com is USD 2701 according to websiteoutlook