Saturday, March 01, 2008

Kongres Unggas

KONGRES UNGGAS
KARYA : APRIS

JUARA II
LOMBA PENULISAN NASKAH TEATER REMAJA
TAMAN BUDAYA JAWA TIMUR 2006


sumber: http://kurakurabiru.multiply.com/journal/item/113/kumpulan_naskah_drama_remaja_taman_budaya_jawa_timur_2006

PELAKU :
  1. NY. ANGSA
  2. NY. BABON
  3. NONA BEBEK
  4. NY. KUTILANG
  5. NY. KASUARI
  6. NY. BANGAU
  7. NONA ITIK
  8. NONA MERPATI
  9. NONA ITIK
  10. GAGAK
  11. KAKAK TUA
  12. SAWUNG JAGO
  13. SWAN SONG
  14. PELIKAN
  15. JOKO PERKUTUT
  16. NYI CENDRAWASIH
  17. NYI KUNTIL

BABAK I

RUANG TAMU MEWAH SEBUAH BANGUNAN BESAR MILIK NY. BANGAU. DISINI AKAN DILANGSUNGKAN PERTEMUAN RUTIN PARA UNGGAS; ARISAN. YANG SUDAH TERLIHAT DATANG LEBIH DULU NY. KUTILANG, NY. BABON DAN NONA BEBEK. DITEMANI TUAN RUMAH, MEREKA SEDANG ASYIK NGRUMPI NONA ITIK, PUTRI NY. BANGAU, SIBUK MELAYANI PARA TAMU. NYI KUNTIL, PENGAWAL NY. KUTILANG, DUDUK MENYENDIRI DI SALAH SATU SUDUT RUANG ITU DENGAN ANGKERNYA, SAMBIL MELAHAP HIDANGAN YANG DISAJIKAN. TIDAK LAMA KEMUDIAN, MUNCUL NY. ANGSA BERSAMA NONA MERPATI PUTRINYA, DIIRINGI PENGAWAL SETIANYA JAKA PERKUTUT.


1. Angsa
Sedang membicarakan apa, kok kedengarannya meriah banget.

2. Babon
Itu lho Jeng Bebek aneh-aneh saja. Dia bilang jago-jago kita tambah gila saja. (TERTAWA). Padahal, sejak dulu yang namanya jago itu memang gila. Apalagi kalau melihat perempuan-perempuan muda, cantik dan agak menggoda. (TERTAWA)

3. Angsa
O, begitu

4. Babon
Iya, Jeng Bebek juga mengatakan, para jago kita tingkat kegilaannya sudah sangat tinggi. Mana ada gila kok tinggi. Lantas, cara mengukurnya bagaimana. (TERTAWA). Kata Jeng Bebek lagi, penjajahan dan kesewenang-wenangan para pejantan terhadap para betina sudah keterlaluan. (TERTAWA LAGI, SAMBIL TERSEDAK-SEDAK)

5. Kutilang
Lho, benarkan, Tante. Pejantan-pejantan kita tambah brutal dan tidak menghargai para betina sama sekali. Kalau punya pangkat, kedudukan dan uang, mereka akan kawin dimana-mana. Tidak peduli perasaan para betina yang dikawini. (BERHENTI SEJENAK). Kalau tidak punya pangkat, kedudukan atau uang, tapi merasa sedikit tampan, ya mengobral janji di mana-mana. Nah, kalau tidak punya semua itu, ya main perkosa.

6. Babon
Tapi tidak semua pejantan seperti itu. Buktinya suami saya, Mas Sawung Jago, biarpun punya derajat dan uang, tidak pernah ngobral nafsu dimana-mana.

7. Angsa
Saya kok setuju dengan Tante Babon. Tidak semua pejantan kita seperti itu. Masih banyak yang memiliki moral bersih.

8. Bebek
Ah, itu hanya menghibur diri.

9. Babon
Lho, menghibur diri bagaimana. Itu kan kenyataan. Buktinya, masih ada pejantan seperti suami saya, suami Jeng Kutilang, Jeng Bangau, Jeng Kasuari dan Jeng Angsa.

10. Bebek
Jumlah itu belum bisa dijadikan bukti. Nyatanya hampir setiap hari koran-koran, radio dan televisi menyajikan berita kebrutalan para pejantan kita.

11. Babon
Ah, itu kan memang kerjaan wartawan dan lahan penghidupan media massa. Kalau tidak menyajikan hal semacam itu, ya tidak akan ada yang beli koran, dengarkan radio atau nonton televisi.

12. Angsa
Ya, tidak begitu, Mbakyu. Apa yang dimuat koran, diberitakan di radio dan ditayangkan di televisi, pasti berdasarkan sebuah fakta. Mereka tidak mungkin berani menyiarkan berita kalau tidak benar.

13. Bebek
Mungkin saja. Siapa sih yang tidak tahu prinsip media massa. Yang penting kan laku dijual. Nggak peduli benar atau salah, merugikan atau menguntungkan orang lain, pokoknya bisa dijual. Lagi pula, masyarakat kita kan memang paling senang baca berita seperti itu.

14. Bangau
Waduh, ngobrolnya kok jadi serius begitu. Sudah. Ayo, dimakan lagi hidangannya. Kalau terlalu dingin, nanti nggak enak lho.

(SEMUA DIAM UNTUK BEBERAPA SAAT. MEREKA ASYIK MENIKMATI HIDANGAN YANG DISODORKAN OLEH TUAN RUMAH. PEMBICARAAN MEREKA DIALIHKAN KE HAL-HAL YANG LAIN. RINGAN YANG PENTING NGRUMPI. DI SUDUT LAIN, JOKO PERKUTUT ASYIK MELADENI NONA MERPATI DAN NONA ITIK BERSENDA GURAU, YANG SESEKALI DILIRIK OLEH NY. ANGSA)

15. Kasuari
Kalau saya pikir-pikir, pendapat Jeng Bebek itu benar. Tapi ucapan Tante Babon juga betul.

16. Babon
Eeee, lha … gimana sih Jeng Kutilang ini. Mana mungkin mendukung saya, kok juga mendukung Jeng Bebek. Itu tidak tegas namanya. Plin-plan. Iya kan, Jeng. (TERTAWA SINIS SAMBIL MEMANDANG BERKELILING, MENCARI DUKUNGAN)

17. Bangau
Benar. Kita tidak boleh mendua. Dalam setiap persoalan, kita seharusnya hanya mendukung salah satu pihak. Tidak bisa keduanya. Bisa runyam nanti.

18. Kasuari
Yang saya maksudkan begini. Jeng Bebek benar karena semua media massa, baik cetak maupun elektronik, selalu menyajikan kebrutalan para pejantan kita. Sementara Tante Babon benar, karena memang tidak semua pejantan bermoral bejat.

19. Angsa
Saya setuju dengan pendapat terakhir. Kita memang tidak boleh seenaknya sendiri. Menyamaratakan, atau istilah ilmiahnya menggeneralisir setiap persoalan. Segala sesuatunya harus kita teliti dan kemudian kita analisis. Dus, kita tidak boleh mengungkapkan statement secara ngawur. Asal bicara.

20. Babon
Lha, benarkan apa yang saya katakan. Kita tidak bisa seenaknya sendiri, mengatakan semua pejantan kita sudah bejat moralnya, padahal yang melakukan hanya seekor pejantan. Wong suami saya tidak begitu, kok.


21. Angsa
Jeng Babon juga tidak bisa menyalahkan Nona Bebek, hanya karena suami Jeng tidak begitu. Berarti yang bejat hanya seekor dan yang baik juga hanya satu ekor. Tidak bisa dijadikan dasar analisis.

22. Babon
Jeng Angsa ini aneh. Saya dinilai salah, tapi juga benar. Jeng Bebek juga dinilai begitu. Lantas, yang terbaik bagaimana. Kan tidak mungkin salah semua atau benar semua. Pasti hanya satu yang salah dan satunya benar.

23. Angsa
Dalam dunia keilmuwan, hal itu bisa saja terjadi. Salah semua atau benar semua.

24. Babon
Wah, ini gimana, to. Saya kok jadi bingung. Malah jadi tidak nyambung. Benar semua atau salah semua. Ah, tidak tahu saya.

25. Bangau
Iya. Saya juga jadi bingung. Mungkin Jeng Angsa bisa menjelaskan, sehingga kami jadi mudheng.

26. Angsa
Begini lho Jeng. Pendapat atau ucapan yang disampaikan, tapi benar berdasar fakta atau penelitian, belum bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Jadi, bisa benar atau salah semua. (SEMUA YANG HADIR MANGGUT-MANGGUT, MESKI ADA BEBERAPA YANG TIDAK MENGERTI SAMA SEKALI). Nah, untuk mengetahui apakah pendapat atau ucapan itu benar atau salah, maka harus diadakan penelitian. Dus, berarti butuh waktu yang cukup panjang dan dana yang agak besar.

27. Babon
Wah, kok jadinya malah ruwet. Masak hanya dari omong-omong harus begitu panjang dan lama penyelesaiannya. Kalau saya, tinggal setuju atau tidak.

28. Bebek
Ya ndak bisa hanya sesederhana itu kalau masalahnya menang luas dan besar. Apalagi menyangkut sekelompok kaum. Cara yang terbaik yang seperti yang dikemukakan Jeng Angsa. Harus lewat penelitian. Paling tidak ya harus lewat forum musyawarah nasional atau bahkan musyawarah internasional.

29. Bangau
Waduh, waduh. Kok jadi tambah ruwet begitu.

30. Babon
Iya. Pembicaraan sederhana kok tiba-tiba jadi ruwet begitu, sampai harus mengadakan penelitian dan musyawarah segala.

31. Angsa
Itu kalau nyonya-nyonya di sini mau menguji kebenaran dari apa yang sudah diperbincangkan tadi secara ilmiah. Kalau tidak, kita hanya bicara dan berdebat terus, tanpa tahu ujung pangkalnya dan tidak mengerti mana yang benar, mana yang salah. Apa kita mau disini seharian hanya untuk memperdebatkan hal yang tak kita ketahui.

32. Babon
Ya jelas tidak mau saya. Kami kan masih punya kegiatan lain. Paling tidak ya sebagai ibu rumah tangga dan istri.

33. Bangau
Kalau saya tidak jadi masalah. Kalau semuanya mau tinggal disini lebih lama dan berbincang-bincang, silahkan. Tapi seperti kata Tante Babon tadi, bagaimana dengan aktivitas kebabonan kita.

34. KasuarI
Saya setuju dengan pendapat Jeng Angsa. Kita harus melakukan penelitian untuk menjernihkan persoalan ini. Kalau Jeng Bebek bagaimana.

35. Kutilang
Melakukan penelitian, akan sia-sia saja. Di samping memakan waktu lama, juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sementara, hasilnya sulit diyakini kebenarannya. Kalau saya lebih setuju mengumpulkan betina dari seluruh dunia dan mengadakan musyawarah untuk membuat resolusi.

36. Bangau
Wow, mengumpulkan betina dari seluruh dunia?

37. Babon
Ck … ck … ck, itu ide gila. Lalu biaya untuk menyelenggarakan acara itu cari di mana?

38. BebeK
Kita bebankan pada negara. Selama ini, kalau para pejantan mengadakan acara pasti membebankan seluruh biaya pada negara. Kalau sekali-kali kegiatan para babon dibiayai negara, kan tidak ada jeleknya.

39. Kasuar
Bagaimana nyonya-nyonya, apakah semuanya setuju dengan gagasan, Jeng Bebek. (TIDAK LANGSUNG TERDENGAR JAWABAN. MEREKA MASING-MASING SIBUK BERBICARA SENDIRI-SENDIRI). Bagaimana nyonya-nyonya setuju?

40. Koor
Setuju …………………………
BABAK II
SEBUAH RUANGAN BESAR ATAU LAPANGAN YANG CUKUP RINDANG. MASIH TAMPAK LENGANG. TAPI RUANGAN ITU SUDAH DITATA SEDEMIKIAN RUPA UNTUK KEPERLUAN MUSYAWARAH ATAU SEMINAR INTERNASIONAL. TAMPAK JOKO PERKUTUT, NYI CENDRAWASIH, NYI KUNTIL. DI BERANDA, TAMPAK TANTE BABON, DENGAN PAKAIAN YANG SERONOK, BERSAMA SAWUNG JAGO SUAMINYA.

41. Babon
Mas, sana ikut nimbrung, kumpul sama jago-jago teras kita. Jangan hanya menyendiri di belakang. Setidak-tidaknya kamu masih trah dalam. Masih dialiri darah biru. Masak kumpul sama jago kampung yang tidak berprestasi.

42. Sawung Jago
Habis, saya kan tidak terdaftar sebagai panitia. Dalam susunan yang kalian buat nama saya kan tidak ada. Lha kok saya disuruh kumpul sama jago-jago teras. Saya kan malu.

43. Babon
Meski kamu tidak tercantum dalam daftar panitia, saya kan termasuk panitia inti. Panitia yang ngurusi konsumsi.

44. Sawung Jago
Orang seksi konsumsi kok panitia inti.

45. Babon
Lho, apa acara ini nanti bisa berlangsung sehari penuh kalau tidak ada konsumsinya. Yang penting konsumsi.

46. Sawung Jago
Sudahlah. Tidak usah macem-macem. Pokoknya saya hadir. Ada dalam acara ini. Soal kumpul dengan siapa, ndak masalah.

(MUNCUL NY. KASUARI, NY. ANGSA, NY. BANGAU, NONA ITIK, NONA MERPATI DAN NONA BEBEK)

47. KasuarI
Jeng Babon sudah datang.

48. BaboN
Lho, ya jelas dong.

49. KasuarI
Bagaimana konsumsinya, Jeng?

50. Babon
Pokoknya beres. Hanya saja, pencuci mulutnya belum terbayar.

51. Angsa
Lantas, yang kerja hari ini sudah disiapkan konsumsinya atau belum.

52. BaboN
Lha, ya belum. Kan kemarin anggarannya tidak masuk ke anggaran saya. Mereka kan sudah mengajukan anggaran sendiri.

53. Nona Merpati
Saya dan Nona Itik sudah berembug dengan Mas Joko Perkutut. Kami yang ngurus konsumsinya. Untuk jago lainnya, diurusi Nyi Cendrawasih dan Nyi Kunti.

54. Nona Itik
Iya. Mas Joko Perkutut tidak senang kalau dibuatkan konsumsi seperti jago kebanyakan. Maklum, dia kan mahasiswa. Jadi segalanya harus serba spesial. Yang melayani juga harus spesial. Kami menyediakan diri sebagai sukarelawan.

55. Angsa
Kalian berdua ini memang lancang. Sejak dulu, Joko Perkutut kan jadi urusan saya. Ada-ada saja. (PERGI SAMBIL MARAH-MARAH. YANG TINGGAL HANYA SAWUNG JAGO).

56. Sawung Jago
Babon, dari dulu bisanya hanya petok-petok, dan Joko Perkutut, nasibmu baik benar. Waktu aku mengincar Angsa, kamu datang merebut. Kini, ketika aku sedang mengincar Merpati dan Itik, kamu lagi-lagi nimbrung. Masih muda mau seenaknya. Ya yang tua, ya yang muda. (TIBA-TIBA KAKAK TUA DAN GAGAK MASUK SEHINGGA MENGAGETKAN SAWUNG JAGO)

57. Kakak Tua
Kakang Sawung Jago malah sudah sampai disini. Saya yang dipilih jadi penerima tamu malah datang belakangan. Maaf, lho Mas.

58. Sawung Jago
Tidak apa-apa. Tadi sekalian mengantar istri saya, jadi ya agak pagi berangkatnya.

59. Kakak Tua
O, iya. Bagaimana kabarnya, Mas. Lama tidak bertemu, kan sehat-sehat saja?

60. Sawung Jago
Yah, lumayan meski tambah kurus.

61. Kakak Tua
Ah, kakang Sawung Jago ini ada-ada saja. Kok lama ndak kelihatan itu kemana saja, Kang?

62. Sawung Jago
Namanya juga usaha, jadi ya tidak sempat kemana-mana. Apalagi pada era globalisasi seperti sekarang ini, kita harus kerja makin keras.

63. Gagak
Memang benar. Saya juga lihat sendiri cara kerja Kakang Sawung Jago. Pakai kejar-kejaran segala. Apa pengusaha sekarang juga diajari perang-perangan, kok kakang kemarin sepertinya serius mengejar musuh. (SAWUNG JAGO TIDAK MENJAWAB. MATANYA MELOTOT MEMANDANG. MAKSUDNYA MAU MARAH, TAPI TIDAK JADI. SETELAH MENDENGUS KESAL, LANTAS PERGI MENINGGALKAN KAKAK TUA DAN GAGAK YANG TERSENYUM SINIS). Kakang Sawung Jago itu aneh. Sudah punya istri resmi dan beberapa simpanan, kok ya masih senang mengejar ayam-ayam dara. Kemarin Itik dan Merpati yang dapat giliran dikejar-kejar mau diperkosa. Untung keduanya cukup lincah dan gesit, sehingga tidak tertangkap oleh si tua bangka itu.

64. Kakak Tua
Yah, begitulah yang namanya jago. Lebih-lebih kalau masuk klasifikasi pejantan. Bedanya, ada yang bisa lebih menjaga diri. Melihat situasi dan kondisi. Tapi ada juga yang tidak mau menjaga diri. Ujas-ujus, grusa-grusu. Tidak angon situasi. Berbeda dengan kamu. Tidak usaha dikejar-kejar, para betina akan datang sendiri.

ACARA PERTEMUAN DIMULAI

65. Bebek
Saudara-saudara betina. Kita tahu bahwa para jago dimana-mana senang wayuh. Ini berarti mereka tidak menghormati para betina. Kenapa mereka tidak menghargai kita, karena salah kita sendiri. Yaitu mau menerima perlakuan sewenang-wenang mereka. Padahal kita bisa mencari makan sendiri. Bahkan mencarikan makan anak-anak kita. Tapi kenapa kita malah diperlakukan sewenang-wenang oleh para jago, yang tidak pernah mempedulikan anak-anaknya. Ini benar-benar keterlaluan. (TERDENGAR TEPUK TANGAN RIUH). Kita berbeda dengan yang namanya manusia wanita. Mereka kebanyakan tidak bisa cari makan sendiri, sehingga sangat tergantung pada manusia laki-laki. Maka wajar kalau manusia wanita rela disewenang-wenang manusia laki-laki. Apalagi di dunia manusia ada peribahasa: surga dan neraka ikut laki-laki. Tapi di dunia kita, tidak ada peribahasa semacam itu. (TERDENGAR TEPUK TANGAN LAGI). Agar mengetahui wewenang, dan para jago tahu yang namanya keadilan, maka para betina di seluruh dunia harus bersatu dalam sebuah wadah, yang nantinya akan menetapkan aturan main bersama penguasa, dan menyampaikan resolusi. (TEPUK TANGAN MERIAH LAGI. TIBA-TIBA NY. ANGSA TAMPIL BERBICARA)

66. Angsa
Saudara-saudara. Menyambung langsung apa yang baru saja disampaikan Nona Bebek, saya sampaikan beberapa catatan penting. Pertama, kita harus menyusun sebuah resolusi yang isinya antara lain: jago satu hanya boleh memiliki atau mengawini seekor betina, jago dan betina punya hak sama dalam perceriaan. Kedua, kita harus secara aktif mengadakan pendidikan, melakukan penyuluhan dan pelatihan tentang hak, tanggungjawab, wewenang, serta tugas para betina maupun jago dalam pergaulan hidup sehari-hari. Ketiga, kita harus selalu mengkampanyekan bahwa betina bukan hanya sekedar pabrik telur yang bisa diperlakukan sewenang-wenang. Para betina punya harga diri yang patut diakui para jago. Dengan demikian, masing-masing bisa saling menghargai satu sama lain. Tidak perlu menang-menangan. (TEPUK RIUH)

67. Swan Song
Kami memahami betul apa yang disampaikan kedua betina terdahulu. Kami pun dulu tak terhindar dari keadaan dan situasi semacam itu. Tapi itu masa lalu. Kini kami mulai memasuki kehidupan yang sangat bebas. Maklum, kami dari negara yang sudah sangat modern. Perkawinan bukan lagi hal yang penting. Kami bebas melakukan hubungan. Betina bisa melayani selusin jago, begitu pula sebaliknya, tanpa harus memikirkan pernikahan. (TERDENGAR GERUTUAN DAN MAKIAN). Harap jangan berisik. Ingat, kami dari masyarakat modern. Jadi soal tata tertib, unggah-ungguh dan semacamnya adalah nonsens. Terlalu usang dan ketinggalan zaman. Kami justru punya usulan, membuat resolusi buat manusia yang memperlakukan bangsa kami dengan semena-mena. Sama sekali tidak hewani. Masak kaum betina kami selalu dikurung secara bergerombol dalam satu kandang dan tidak pernah diberi seekor pun jago, tapi setiap hari diharuskan bertelur. Hal itu terus berlangsung sampai kematian menjemput mereka. Ini benar-benar tidak adil dan harus dihentikan.

68. Pelikan
Saya setuju dengan Swan Song tadi. Bikin resolusi yang memprotes sistem manusia memelihara ayam. Soal wayuh, memang perlu dipertimbangkan kembali. Seandainya dalam sebuah kelompok ayam ternyata jumlah jagonya lebih banyak dibanding betinanya atau sebaliknya, bagaimana. Kita perlu mencontoh wayang. Drupadi itu suaminya lima, yaitu Pandawa. Karena dinegaranya memang kekurangan wanita dan terlalu banyak pria. Sementara Kresna istrinya tiga, karena di Drawati kekurangan pria dan terlalu banyak wanita. Usulan betina lokal baru bisa dijalankan kalau situasinya seperti di Madura dan Awangga, dimana jumlah wanita dan pria seimbang. Dengan kata lain, wayuh hanya diperbolehkan bukan karena kebutuhan seks semata, seperti yang dianut ayam ras, tapi karena keadaan yang memaksa.

69. Kasuari
Untuk menyatukan para betina di seluruh dunia, disepakati berdirinya perkumpulan betina se dunia yang diberi nama KONGRES UNGGAS SE DUNIA, yang disepakati : 1. Jago tidak boleh wayuh, 2. Betina tidak boleh wayuh, 3. Jago boleh menceraikan betina, 4. Betina bisa menceraikan jago, 5. Manusia dilarang membudidayakan ayam seenaknya sendiri, 6. Betina yang dipelihara oleh manusia untuk tujuan penghasil telur, harus tetap diberi jago yang jumlahnya sama banyak dengan jumlah betina. Begitu pula yang dipelihara untuk diambil keturunannya. Bagaimana pada semua yang hadir, apakah pembentukan wadah dan isi resolusi disetujui. (TERDENGAR JAWABAN KOOR SETUJU).
BLACK OUT
BABAK III
FADE IN
TERAS SEBUAH RUMAH, MALAM BULAN PURNAMA, NY. KUTILANG DUDUK TERMENUNG SEORANG DIRI. TIBA-TIBA DATANG JENG BABON. MEREKA BERDUA NGOBROL. TAMPAK ASYIK. SEMENTARA SUASANA TAMPAK LENGANG DAN SEPI.

70. Babon
Ngalamun, ya Jeng?

71. Kasuari
(AGAK TERKEJUT). Ah, enggak kok. Mari Mbakyu, silahkan duduk. Dari mana, kok jam sekian masih di luar. Malah sampai disini.

72. Babon
Tidak dari mana-mana. Saya memang sengaja kemari untuk ngobrol. Di rumah sepi sekali.

73. Kasuari
Sama, Mbakyu. Rumah saya sekarang juga sering sepi. Apa Sawung Jago sering pergi?

74. Babon
Yah, begitulah, Jeng. Maklum, namanya saja wiraswasta. Jadi ya sering pergi. Katanya untuk meningkatkan usaha.

75. Kasuari
Dan Mbakyu mempercayainya.

76. Babon
Ya jelas, dong. Sejak adanya Perkumpulan Betina Mardika dan resolusi yang dihasilkan beberapa waktu lalu, buat apa tidak mempercayai suami yang terus keluar rumah untuk mengembangkan usaha. Lagi pula, sejak sebelum musyawarah yang baru lalu dilaksanakan, suami saya merupakan tipe jago yang setia. Dia tidak pernah menyeleweng, meski pergi dari rumah sampai berhari-hari.

77. Kasuari
Saya juga dulu punya pandangan yang sama dengan Mbakyu. Kalau suami saya pamit keluar rumah sampai menginap, kadang beberapa hari, saya tidak pernah menaruh curiga. Paling-paling untuk meningkatkan karier. Tapi setelah musyawarah besar beberapa waktu lalu, saya jadi sering mikir. Jangan-jangan suami saya sudah kelurahan penyakitnya manusia. Bilangnya nglembur, ndak tahunya kencan dengan betina lain.

78. Babon
Weh … weh … weh, Jeng Kasuari kok jadi begitu. Jangan-jangan malah sampeyan yang sudah ketularan penyakit manusia perempuan. Curigaan saja kerjanya. Tidak pernah percaya sama manusia lain. Termasuk pada suaminya sendiri. Amit-amit, Jeng. Mbok ya yang semeleh, gitu. Jangan terlalu curiga. Kalau suami kita beri kepercayaan penuh, tidak-tidaknya kalau mereka nyeleweng.

79. Kasuari
E … namanya jago kok diumbar. Ya entek omah, entek ngalas, Mbakyu. Para jago itu ndak bisa dilair-batini. Dikasih kesempatan, ya nglonjak.

80. Babon
Ah, apa seburuk itu namanya jago, Jeng?

81. Kasuari
Ya bukan hanya para jago yang punya watak buruk seperti itu. Para betina juga banyak yang senang bermuka dua.

82. Babon
Walah, istilah apalagi itu. Bermuka dua.

83. Kasuari
Artinya, di muka orang banyak sangat berapi-api membela dan memperjuangkan hak kaumnya. Tapi di belakang, selingkuh.

84. Babon
Masak ada betinayang punya watak seperti itu. Jeng Kasuari ini kok ada-ada saja. Senangnya kok guyon.

85. Kasuari
Tidak, Mbakyu. Saya tidak guyon. Ini serius. Dan betina seperti itulah yang sering ngrusak tatanan. Merekalah yang sering memancang para jago untuk nyleweng.

86. Babon
Jangan-jangan …
(AGAK GELISAH, TAPI KEMUDIAN MENGHIBUR DIRI SENDIRI). TAPI SAYA PERCAYA SAMA KESETIAAN SUAMI SAYA, KOK. JAGO LAIN BISA SAJA MUDAH DIGODA, TAPI SUAMI SAYA TIDAK. (NY. KASUARI TERSENYUM KECUT. TIBA-TIBA NYI KUNTIL DAN NYI CENDRAWASIH DATANG DENGAN SIKAP TAK MENENTU. MARAH, GELISAH, KECEWA CAMPUR JADI SATU. SEPERTI TAK MENGETAHUI KEBERADAAN KASUARI DAN BABON).

87. Nyi Kuntil
Wah, gawat. Kacau. Tidak berperi kebinatangan.

88. Nyi Cendrawasih
Ya. Merusak tatanan. Gajah midak rapak.

89. Kasuari
E … e … e, ini ada apa. Datang-datang kok kayak orang ayan. Bengak-bengok ndak karu-karuan. Kalian ini ada apa. (NYI KUNTIL DAN NYI CENDRAWASIH TERKEJUT, WAS-WAS DAN TAKUT).

90. Nyi Kuntil
Eh … oh … ah, nggak ada apa-apa kok Nyonya. Cuma anu … e … anu …

91. Kasuari
Cuma apa. Anu apa. Ayo ngomong yang benar.

92. Babon
Iya. Mbok kalau bicara itu yang jelas, tegas. Tidak plinthat-plinthut seperti itu. Ada apa, ayo.

93. Nyi Cendrawasih
Wong cuma anu, kok. Apa itu, anu dheng … ah, bingung aku. Mbok kamu saja yang menjelaskan.


94. Kasuari
Sudah, ayo. Salah satu dari kalian harus bicara terus terang dan yang sebenarnya.

95. Nyi Kuntil
(SETELAH BERUSAHA SEKUAT TENAGA, AKHIRNYA BISA JUGA BICARA). Begini, Nyonya. Kami berdua kebetulan sedang jalan-jalan. Ketika sampai di taman kota, kami lihat pemandangan yang nganeh-anehi.

96. Babon
Nganeh-anehi bagaimana. Mbok bicara to the point saja, gitu lho.

97. Nyi Kuntil
Kami melihat suami Nyonya berdua bersama Nona Bebek dan Nona Merpati, di tempat remang-remang, di taman kota.

98. Kasuari
Itu kan biasa. Mereka mungkin sedang jalan-jalan sekeluarga. Menikmati malam terang bulan yang indah ini.

99. Babon
Iya. Begitu saja kok didramatisir. Senangnya kok bikin dheg-dhegan.

100. Nyi Cendrawasih
Tapi mereka berkelompok secara terpisah-pisah.

101. Kasuari
Lho, yang namanya keluarga itu kan ya berkelompok-kelompok. Biasakan.

102. Nyi KuntiL
Bukan begitu, Nyonya. Mereka berkelompok dua-dua. Berpasangan!

103. Kasuari
Apa …! Mereka berpasangan di taman kota?

104. Nyi Kuntil + Nyi Cendrawasih
I … I … ya …

105. Kasuari
Wah, gawat. Kita harus menyelidikinya ke sana, Mbakyu.

106. Babon
Iya, benar.


107. Kasuari
Ayo. Nyi Kuntil dan Nyi Cendrawasih, tunjukkan tempatnya.

108. Nyi Kuntil + Nyi Cendrawasih :
Baik, Nyonya.

(MEREKA BERGEGAS PERGI KE TAMAN KOTA UNTUK MENYELIDIKI KEBENARAN UCAPAN NYI KUNTI DAN NYI CENDRAWASIH).


BLACK OUT – FADE IN LCD

TAMAN KOTA MALAM HARI TERANG BULAN. SUASANANYA REMANG-REMANG. DI ANTARA RERIMBUNAN TANAMAN TAMAN, TAMPAK ENAM PASANG AYAM SECARA SILUET SEDANG BERCUMBU RAYU. SAWUNG JAGO BERPASANGAN DENGAN NONA BEBEK, GAGAK DENGAN NONA ITIK, JOKO PERKETUT DENGAN ANGSA, NAGATUMURUN DENGAN NONA ITIK DAN KAKAK TUA DENGAN BANGAU. DARI KEJAUHAN, TAMPAK
NY. KASUARI, NY. BABON, NYI KUNTIL DAN NYI CENDRAWASIH BERINDAP-INDAP MENDEKATI YANG SEDANG PACARAN. MENELITI TIAP-TIAP PASANGAN DENGAN TELITI DAN CERMAT. SETELAH MENGETAHUI KEBENARAN DARI KATA-KATA NYI KUNTIL DAN NYI CENDRAWASIH,
NY. KASUARI SERTA NY. BABON BERTERIAK HISTERIS LALU JATUH PINGSAN. SEMUA PASANGAN YANG SEDANG PACARAN TERKEJUT, BINGUNG DAN LARI BERSERABUTAN. ADA YANG SAMPAI BERTABRAKAN DENGAN PASANGAN ASLINYA. SITUASI BENAR-BENAR KACAU. SUARA TERKEJUT BERBAUR DENGAN JERIT KESAKITAN. SEKEJAP KEMUDIAN PANGGUNG KOSONG. TINGGAL NY. KASUARI DAN NY. BABON YANG PINGSAN, SERTA NYI KUNTIL DAN NYI CENDRAWASIH YANG BERDIRI BENGONG. KEDUANYA NAMPAK GEDHAG-GEDHEG TIDAK HABIS PIKIR.

109. Nyi Kuntil
Begitulah ayam. Sama persis dengan manusia. Senang main cinta belakang, suka
melanggar ketentuan dan kesepakatan yang sudah dicanangkan.

110. Nyi Cendrawasih
Mereka senang bikin resolusi, mengkampanyekan hak azasi dan mempropagandakan disiplin rasional, tapi kemudian mereka langgar.

111. Nyi Kuntil
Memang mengherankan. Beribu peraturan dikeluarkan dan ratusan kesepakatan disetujui, tetap saja terjadi penyelewengan, pelanggaran dan semacamnya. Memang aneh yang namanya ayam dan manusia itu.
- T A M A T -

0 comments:

Post a Comment

Download Novel Sastra
Ronggeng Dukuh Paruk (Ahmad Tohari) - Lintang Kemukus Dini Hari (Ahmad Tohari) - Jentera Bianglala (Ahmad Tohari) - Kubah (Ahmad Tohari) - Di Kaki Bukit Cibalak (Ahmad Tohari) - Bekisar Merah (Ahmad Tohari) - Siti Nurbaya (Marah Rusli) - Di Bawah Lindungan Kabah (Hamka) - Azab dan Sengsara (Merari Siregar) - Harimau-Harimau (Mochtar Lubis) - Supernova (akar - Dee) - Supernova (petir - Dee) - - Sengsara Membawa Nikmat (Tulis Sutan Sati) - Mantra Penjinak Ular (Kuntowijoyo) - Mangir (Pramoedya Ananta Toer) - Arok-Dedes (Pramoedya Ananta Toer) - Perburuan (Pramoedya Ananta Toer) - Kasih Tak Terlerai (Suman Hs) - Gadis Pantai (Pramoedya Ananta Toer) - Atheis (Achdiat Kartamiharja)


goesprih.blogspot.com Overview

goesprih.blogspot.com has 1.444.907 traffic rank in world by alexa. goesprih.blogspot.com is getting 761 pageviews per day and making USD 3.70 daily. goesprih.blogspot.com has 210 backlinks according to yahoo and currently not listed in Dmoz directory. goesprih.blogspot.com is hosted in United States at Google data center. goesprih.blogspot.com is most populer in INDONESIA. Estimeted worth of goesprih.blogspot.com is USD 2701 according to websiteoutlook