Sunday, April 06, 2008

Puisi Baru (2b)

Jenis-Jenis Puisi Baru (Elegi-Ode-Himne)


Balada-Elegi-Ode-Himne-Epigram-Satire-Edylle

Pada posting terdahulu, dalam puisi baru (2a), telah dipaparkan tentang BALADA secara lebih rinci. Jika ingin membaca lagi, silakan klik di sini.

ELEGI

Sekarang akan dipaparkan apa itu elegi. Elegi (elegy-Ing / elegie-Pranc) pada awalnya berkembang pada zaman klasik.Yunani dan Latin. Elegi berisi keluhan dan ratapan yang ditujukan kepada seorang kekasih.

Dalam sastra Eropa Barat, pada umumnya kata elegi digunakan pada setiap lirik syair yang berisi tentang aspek-aspek tragis dalam hidup manusia, berkaitan dengan meninggalnya kekasih atau peristiwa menyedihkan lain. (b.d.k. dengan Ensiklopedi Sastra Indonesia hal. 245).

Saat ini,elegi dimaknai sebagai sajak atau lagu yang mengungkapkan rasa duka atau keluh kesah karena sedih atau rindu, terutama karena kematian/kepergian seseorang. Elegi sering disebut juga dengan sajak ratapan.

Contoh elegi dalam puisi Indonesia modern adalah puisi Senja di Pelabuhan Kecil (Chairil Anwar), atau Stasiun Tugu (Taufiq Ismail)

ODE

Istilah ode berasal ”oide (Yun) atau ”ode (Ing) yang berarti sajak/syair yang bersifat liris. Ciri ode nada dan gayanya sangat resmi (metrumnya ketat), bernada anggun, membahas sesuatu yang mulia, bersifat menyanjung baik terhadap pribadi tertentu atau peristiwa umum.


Ode-ode yang sangat terkenal misalnya ode karya Pindarus (Yunani) atau Horatius (Latin). Pada zaman Romantik, ode juga berkembang seperti karya-karya Keats dan Schiller. Sekarang ini, ode sebagai syair pujian hampir tidak dibedakan dari hymne (b.d.k Pemandu di Dunia Sastra – Dick Hartoko dan Rahmanto hal. 96).

Contoh ode

Generasi Sekarang

Di atas puncak gunung fantasi
Berdiri aku, dan dari sana
Mandang ke bawah, ke tempat berjuang
Generasi sekarang di panjang masa

Menciptakan kemegahan baru
Pantoen keindahan Indonesia
Yang jadi kenang-kenangan
Pada zaman dalam dunia
(Asmara Hadi)

HIMNE

Himne berasal dari kata ”hymnos” (Yun) yang berarti lagu anggun untuk memeriahkan hari raya. Pada umumnya lagu pujian untuk menghormati seorang dewa, Tuhan, seorang pahlawan, tanah air, atau alma mater (Pemandu di Dunia Sastra).

Sekarang ini, pengertian himne menjadi berkembang. Himne diartikan sebagai puisi yang dinyanyikan, berisi pujian terhadap sesuatu yang dihormati (guru, pahlawan, dewa, Tuhan) yang bernafaskan ke-Tuhan-an.

Contoh Himne

Karena Kasihan (Amir hamzah)
Doa (Taufiq Ismail)

5 comments:

koq ga bisa di ambil sih...... padahal tugas saya banyak and disini da tapi ga bisa di ambil......... pelit ah.....

kenapa ga bisa di copy siiiih ???? padahal tugas aku buanyaaaaaaak nih.

kok gak bisa di copy,., ce, padahal tugas aq buanyak lho,.,.,.?

gk bisa di copy apa gunanya

dasar pelit, masa di copy aja gak boleh

Post a Comment

Ronggeng Dukuh Paruk (Ahmad Tohari) - Lintang Kemukus Dini Hari (Ahmad Tohari) - Jentera Bianglala (Ahmad Tohari) - Kubah (Ahmad Tohari) - Di Kaki Bukit Cibalak (Ahmad Tohari) - Bekisar Merah (Ahmad Tohari) - Siti Nurbaya (Marah Rusli) - Di Bawah Lindungan Kabah (Hamka) - Azab dan Sengsara (Merari Siregar) - Harimau-Harimau (Mochtar Lubis) - Supernova (akar - Dee) - Supernova (petir - Dee) - - Sengsara Membawa Nikmat (Tulis Sutan Sati) - Mantra Penjinak Ular (Kuntowijoyo) - Mangir (Pramoedya Ananta Toer) - Arok-Dedes (Pramoedya Ananta Toer) - Perburuan (Pramoedya Ananta Toer) - Kasih Tak Terlerai (Suman Hs) - Gadis Pantai (Pramoedya Ananta Toer) - Atheis (Achdiat Kartamiharja)


goesprih.blogspot.com Overview

goesprih.blogspot.com has 1.444.907 traffic rank in world by alexa. goesprih.blogspot.com is getting 761 pageviews per day and making USD 3.70 daily. goesprih.blogspot.com has 210 backlinks according to yahoo and currently not listed in Dmoz directory. goesprih.blogspot.com is hosted in United States at Google data center. goesprih.blogspot.com is most populer in INDONESIA. Estimeted worth of goesprih.blogspot.com is USD 2701 according to websiteoutlook