Monday, December 15, 2008

Puisi mBeling Remy Sylado

Remy Sylado: Puisi mBeling

Kalau/ Chairil Anwar/ binatang jalang/ Di blok apa/ tempatnya/ di Ragunan?//

PETIKAN puisi mBeling (puisi nakal) di atas ditulis oleh penyair Remy Sylado entah tahun berapa. Puisi yang diberi judul "Di Blok Apa" itu, membuat kita tertawa, manakala kita ingat puisi "Semangat" yang ditulis oleh almarhum penyair Chairil Anwar. Dua larik dari sekian larik puisi yang ditulis oleh penyair yang dikenal sebagai tokoh Angkatan 45 itu antara lain berbunyi: Aku ini binatang jalang/ Dari kumpulan terbuang//.

Dalam antologi "Deru Campur Debu" puisi tersebut oleh Chairil Anwar diberi judul "Aku". Entah dengan alasan apa, dalam antologi "Kerikil Tajam dan Yang Terhempas dan Yang Putus" judul puisi "Aku" diubah oleh Chairil Anwar jadi "Semangat" dengan antara lain menghilangkan diksinya dari larik puisinya yang berbunyi: Dari kumpulannya terbuang, jadi: Dari kumpulan terbuang.

Pertanyaan Remy tentang Chairil Anwar termasuk binatang apa tempatnya di Ragunan, sesungguhnya tidak hanya mengundang tawa, tetapi menonjok kesadaran kita untuk merenung. Mempertanyakan kembali makna kejalangan dalam hidup kita. Boleh jadi pada sisi yang lain, Remy hendak membongkar sebuah tirai gelap yang selama ini selalu melindungi sifat-sifat kebinatangan di dalam diri kita. Salah satu dari sifat kebinatangan itu adalah ingin memuaskan nafsu seks sebebas-bebasnya. Demi apa yang ingin dicapainya itu, tak jarang rambu-rambu hidup dalam agama pun sering dilanggar oleh manusia.

Lepas dari semua itu, Remy Sylado adalah salah seorang tokoh gerakan puisi mBeling yang dikreasinya bersama pelukis Jeihan Sukmantoro pada awal tahun 1970-an di Bandung. Gerakan puisi mBeling untuk pertama kalinya dipublikasikan di majalah Aktuil pada bulan Agustus 1972, dan kemudian di majalah Pop. Di majalah ini, penyair Abdul Hadi W.M. pernah pula duduk sebagai redakturnya, bersama Remy dan Jeihan. Kemudian puisi tersebut hidup di majalah Top. Sementara itu, menurut pengamat sastra Bakdi Soemanto, puisi mBeling pada tahun-tahun tersebut bisa juga diperoleh di majalah Yunior, Astaga, Midi, Gadis dan Semangat juga di harian Eksponen (Yogyakarta), Waspada (Medan) bahkan di Suara Karya dan Pelita (Jakarta). Majalah Aktuil itu sendiri pada saat itu terbit di Bandung.

Lewat gerakan puisi semacam itu dunia perpuisian Indonesia ketika itu menjadi geger, karena ia menentang penulisan puisi lirik ala majalah sastra Horison. Lewat gerakan puisi tersebut, kita bisa membaca bahwa kesan main-main menjadi hal yang sangat penting dalam penciptaan puisi.

Remy selain menulis puisi yang berjumlah lebih dari seribu judul puisi sebagaimana terkumpul dalam dua antologi puisi tunggalnya berjudul Kerygma & Martyria (Gramedia, 2004) dan Puisi Mbeling (KPG, 2004) juga menulis sejumlah novel, yang beberapa novelnya ditulis lebih dari 500 halaman dengan ukuran buku, 14,5 cm x 21,5 cm. Sebuah novelnya berjudul Kerudung Merah Kirmiji mendapat hadiah sastra Khatulistiwa Award. Novelnya yang baru saja terbit, yang diberi judul Boulevard de Clychy (Gramedia, 2006). Tebal novel ini pun lebih dari 500 halaman.

Selain itu, Remy menulis pula sejumlah naskah drama, esai sastra dan bahasa Indonesia serta ensiklopedia musik. Hal ini menunjukkan bahwa ia adalah seniman yang berpengetahuan luas. Selain itu ia juga melukis dan bahkan mencipta lagu, lantas main teater, film, dan sinetron. Atas daya kreatifnya semacam itu, tak aneh kalau pemerintah pusat memberi Penghargaan Satya Lancana Kebudayaan kepada dirinya.

"Di Bandung lah daya kreativitas saya diasah pada tahun 1970-an, sebelum saya merantau ke Jakarta. Hingga kini saya tetap masih orang Bandung. Saya berharap Bandung menjadi kota budaya yang banyak melahirkan seniman tidak hanya dalam bidang musik saja tetapi juga dalam bidang-bidang lainnya yang lebih menggemparkan dari tahun-tahun sebelumnya," ujar Remy Sylado dalam percakapannya dengan "PR" pada Sabtu lalu (1/4/06) dalam acara Malam Apresiasi Atas Penghargaan Seni Remy Sylado" yang digelar di Gedung AACC, Jln. Braga Bandung.

Menyinggung soal puisi-puisi yang ditulisnya, Remy mengatakan, bahwa puisi yang punya napas panjang, yang dibaca secara tetap oleh khalayak, adalah puisi yang memberikan faedah penghiburan dan pengharapan kini dan esok.

Atas apa yang dikatakannya itu, tak aneh kalau puisi-puisi Remy sering membuat kita tertawa sekaligus merenung. Tema-tema puisi yang ditulisnya banyak juga yang bernapaskan religius, disamping cinta dan sosial. Puisi lainnya yang mengundang tawa, ketika ia memainkan nama sekaligus makna caterina dalam puisinya yang diberi judul Caterina yang berbunyi: Caterina dari Alexandria/ pelindung Universitas Sorbonne/ dia santa/ Caterina dari Siena/ pelindung lembaga amal/ dia santa/ Caterina dari Indonesia/ pelindung aurat doang/ dia tekstil//

Begitulah Remy Sylado hadir di hadapan kita. Ia telah memberi warna bagi perkembangan dan pertumbuhan sastra Indonesia kini, baik dalam bidang puisi, novel, maupun naskah drama. (Soni Farid Maulana)***

1 comments:

menarik. tapi sayang kok ga bisa copas

Post a Comment

Ronggeng Dukuh Paruk (Ahmad Tohari) - Lintang Kemukus Dini Hari (Ahmad Tohari) - Jentera Bianglala (Ahmad Tohari) - Kubah (Ahmad Tohari) - Di Kaki Bukit Cibalak (Ahmad Tohari) - Bekisar Merah (Ahmad Tohari) - Siti Nurbaya (Marah Rusli) - Di Bawah Lindungan Kabah (Hamka) - Azab dan Sengsara (Merari Siregar) - Harimau-Harimau (Mochtar Lubis) - Supernova (akar - Dee) - Supernova (petir - Dee) - - Sengsara Membawa Nikmat (Tulis Sutan Sati) - Mantra Penjinak Ular (Kuntowijoyo) - Mangir (Pramoedya Ananta Toer) - Arok-Dedes (Pramoedya Ananta Toer) - Perburuan (Pramoedya Ananta Toer) - Kasih Tak Terlerai (Suman Hs) - Gadis Pantai (Pramoedya Ananta Toer) - Atheis (Achdiat Kartamiharja)


goesprih.blogspot.com Overview

goesprih.blogspot.com has 1.444.907 traffic rank in world by alexa. goesprih.blogspot.com is getting 761 pageviews per day and making USD 3.70 daily. goesprih.blogspot.com has 210 backlinks according to yahoo and currently not listed in Dmoz directory. goesprih.blogspot.com is hosted in United States at Google data center. goesprih.blogspot.com is most populer in INDONESIA. Estimeted worth of goesprih.blogspot.com is USD 2701 according to websiteoutlook